close
loading...
  • Breaking News

    loading...

    Wajib Tau!! INILAH 5 Ciri-ciri Gejala Paru-paru Basah yang Belum Banyak di Ketahui Orang!! Tolong Bantu Share!!

    Kita sebagai orang Indonesia sering mendengar istilah salah satu jenis penyakit yang membuat kita penasaran, “Paru Paru Basah“. Ya, ini merupakan istilah awam yang menggambarkan bahwa adanya masalah atau penyakit pada paru-paru.


    Dalam dunia medis, istilah yang tepat untuk paru-paru basah adalah Pneumonia. Ini merupakan infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru. Infeksi dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus. Pada pneumonia terjadi peradangan atau infeksi pada kantung-kantung udara di paru-paru (alveoli). Pada kondisi ini alveoli dipenuhi oleh cairan atau nanah, maka tak heran dokter-dokter zaman dulu membahasakan kondisi ini sebagai paru paru basah.

    Gejala paru paru basah ada yang ringan dan ada yang berat bahkan sampai mengancam nyawa. Paru paru basah ini telah banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia dibandingkan penyakit paru lainnya. Tingkat keparahan paru-paru basah biasanya tergantung pada penyebab atau jenis organisme yang menyebabkan infeksi, usia penderita, dan kondisi kesehatan umum.

    Gejala Paru Paru Basah

    1. Batuk Berkepanjangan
    Banyak dari kita yang sering menganggap remeh batuk. Mungkin karena batuk merupakan penyakit yang lazim diderita banyak orang dan penyembuhannya pun relatif mudah. Namun, jika batuk yang Anda derita berlangsung lebih dari satu bulan, sebaiknya Anda waspada, karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal paru-paru basah atau pneumonia.

    Batuk yang dialami penderita pneumonia ini awalnya hanya batuk kering biasa, dan lama kelamaan batuk tersebut akan disertai dahak. Pada kebanyakan kasus, penderita sering pula mengalami pendarahan saat batuk serta kesulitan bernapas.

    2. Keringat Dingin
    Gejala lain dari penyakit paru-paru yang mudah dideteksi adalah munculnya keringat dingin pada tepak tangan dan kaki. Penderita paru-paru basah akan sangat mudah mengeluarkan keringat dingin meskipun cuaca sedang tidak panas.

    Keringat dingin ini disebabkan oleh paru-paru yang tidak mampu bekerja dengan optimal. Alhasil, oksigen tidak dapat disalurkan ke seluruh tubuh dengan baik. Jika Anda atau orang-orang terdekat Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter sebelum timbul gangguan lain yang lebih mengkhawatirkan.

    3. Sakit Kepala Ringan
    Sakit kepala ringan juga bisa menyertai gejala penyakit paru-paru. Hal tersebut disebabkan paru-paru tidak mampu menyalurkan oksigen pada darah dengan optimal. Anda juga perlu memerhatikan gejala bahwa tidak selamanya sakit kepala disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem saraf di kepala Anda. Paru-paru yang bermasalah pun bisa menyebabkan rasa sakit di kepala.

    4. Mudah Lelah
    Penderita penyakit paru-paru biasanya tidak mampu melakukan aktivitas atau olahraga berat. Bahkan, dalam keadaan normal pun, penderita akan tampak lemah dan tidak bersemangat. Mudah lelahnya penderita penyakit paru-paru disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh karena paru-paru tidak lagi mampu bekerja secara maksimal.

    Anda sebaiknya meningkatkan konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi serta memaksimalkan suplai oksigen dalam darah Anda.

    5. Berat Badan Menurun Drastis
    Ciri-ciri gejala penyakit paru-paru yang cukup kentara adalah berat badan yang menurun secara drastis. Penyakit paru-paru dapat menurunkan bobot tubuh si penderita secara signifikan. Hal itu disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen. Penyebab lainnya adalah kebiasaan makan yang buruk.

    Para penderita penyakit paru-paru biasanya akan kehilangan selera makannya karena batuk berat yang mereka alami. Menahan nafas ketika makan atau minum tentunya akan membuat penderita sesak napas. Oleh sebab itulah banyak di antara para penderita yang memilih untuk tidak terlalu banyak makan.

    Penyebab penyakit paru-paru yang paling utama adalah kebiasaan merokok dan seringnya terpapar polusi serta udara dingin. Karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja, maka Anda harus selalu menjaga kesehatan Anda dan orang-orang sekitar.

    Usahakan agar jangan terlalu sering terpapar polusi udara. Gunakan masker saat berkendara serta cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok bagi Anda yang masih melakukannya. Jaga kesehatan Anda dan orang-orang terkasih dari penyakit paru-paru!

    No comments:

    Post a Comment