close
loading...
  • Breaking News

    loading...

    Wajib Tau!! Ini Dia Manfaat Tanaman Saga yang Dapat Sembuhkan Batuk, Radang Tenggorokan, Penyakit Kulit Hingga Hepatitis!! Begini Cara Meramunya!!

    Tanaman saga berupa perdu merambat, membelit dengan panjang 6-9 m. Batang bulat, berkayu, saat masih muda warnanya hijau dan setelah tua berwarna hijau kecokelatan. Daun majemuk, berselang-seling, menyirip ganjil, anak daun 8-18 pasang, bentuk daun bulat telur, ujung meruncing dan pangkalnya bulat. Akar tunggang dan berwarna cokelat kotor.


    Saga memiliki kandungan kimia seperti abrine, precatorine, chline, trigoneline, squelene,  dan asam galat. Saga memiliki rasa pedas, pahit, dan bijinya sangat beracun.

    CARA MENDAPAT SAGA

    Cara budidaya denganbiji yang dipelihara dengan sangat mudah yaitu dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan serta dengan sedikit pemupukan. Tanaman ini dapattumbuh dengan baik padaketinggan 1-1.000 m dpl, pada berbagai macam tanah, dengan curah hujan 1.500-4.500 mm/tahun. Tanaman ini bisa didapat di Unit Konservasi Budidaya Biofarmaka, Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB.

    BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
    • Biji
    • akar
    • daun

    KHASIAT SAGA

    Tumbuhan saga berkhasiat sebagai obat :
    • Sariawan
    • Batuk
    • Radang tenggorokan
    • Epilepsi

    Selain itu, saga juga berfungsi sebagai analgesik (obat penahan sakit), anthelmintik (obat untuk menghancurkan cacing atau parasit), anti bakteri, anti diare, anti jamur, anti peradangan, anti tumor, dan anti virus.

    Daun saga berfungsi sebagai penyejuk pada kulit dan selaput lendir, akar sebagai emetikum atau perangsang muntah, akar dan batang berfungsi sebagai anti radang diuretik (dapat meningkatkan produksi air kencing).

    RESEP

    Akar dan daun saga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, sedangkan biji saga sangatlah beracun sehingga perlu kehati-hatian dalam penggunaannya.

    1. Infeksi cendawan, scabies, radang kulit bernanah, dan eksim

    Ambil biji saga secukupnya, cuci bersih, dan tumbuk halus. Setelah halus, tambahkan minyak kelapa atau VCO ke dalam biji saga yang sudah ditumbuk, dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

    2. Hepatitis dan sakit tenggorokan

    Cuci bersih 17 g akar dan batang setelah dipotong-potong menjadi bagian yang kecil. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah rebusan dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

    3. Serak dan amandel

    Cuci segar 7 g daun segar dan 4 g daun kering, seduh dengan ½ cangkir air mendidih, dan diamkan beberapa saat. Ketika dingin, saringlah seduhan dan minum sekaligus. Gunakan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

    4. Bronkitis

    Cuci bersih 17 g daun segar dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah hasil rebusan, dan minum 1 kali sehari masing-masing 1 gelas selama satu minggu.

    5. Batuk pada anak

    Cuci bersih segenggam penuh daun saga termasuk tangkainya, sebutir bawang merah, 3 butir adas, sepotong kecil kayu pulosari, dan gula batu secukupnya. Tambahkan bahan-bahan dengan 2 gelas air, dan rebus selama 15 menit. Setelah dingin, saring ramuan dan minum airnya.

    Semoga bermanfaat.

    No comments:

    Post a Comment