close
loading...
  • Breaking News

    loading...

    Selain Rasanya yang Enak, Ternyata Buah Srikaya Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Lho!! Berikut Penjelasannya!!

    Srikaya adalah buah subtropis dari family Annonacea, tanaman ini tumbuh dengan bentuk pohon yang relatif kecil. Ukuran buah berdiameter sekitar 8 cm memiliki rasa manis dan tekstur daging yang mengelilingi biji. Kulit buah yang tipis dan keras kebanyakan berwarna hitam dan hijau sering di temukan di India Barat, Amerika Tengah, Peru dan Meksiko.


    Buah ini ternyata memiliki 12 manfaat untuk kesehatan, berikut manfaatnya

    1. Membantu menaikkan berat badan
    Srikaya menjadi buah ideal untuk menjadi snack atau makanan penutup. Karena kaya akan kalori, kandungan gula di dalamnya membantu mendorong metabolisme sehingga merangsang tingkat napsu makan kamu yang membantu untuk menaikan berat badan.

    2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Buah ini adalah sumber vitamin C, yang dikenal sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang meningkatkan kekebalan tubuh. Cukup dengan menambahkan satu buah srikaya ke dalam menu makanan kamu untuk memberikan ketahanan tubuh yang lebih baik. 

    3. Meredakan kelelahan
    Karena kaya akan energi, buah ini cepat mengembalikan tenaga di saat sedang kelelahan.

    4. Memiliki zat anti kanker
    Kulit buah ini mengandung zat astingent dan tanin yang digunakan sebagai suplemen herbal yang bermanfaat untuk membantu pengobatan beberapa jenis kanker dan tumor. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa acetogenin dan alkaloid yang mengurangi risiko kanker dan gagal ginjal. Senyawa ini melawan sel-sel kanker tanpa merugikan sel-sel yang sehat.

    5. Menjaga kesehatan otak
    Srikaya memiliki vitamin B kompleks yang mengontrol kadar kimia GABA neuron di otak, hal ini menberikan dampak positif untuk menenangkan stres dan depresi. Dari setiap 100 gram srikaya mengadung 0.6 gram vitamin B6, sekitar 20% dari nilai harian yang direkomendasikan.

    6. Memperkuat gigi
    Kulit buah srikaya membantu untuk melawan gigi dan gusi sakit.

    7. Mencegah anemia
    Tingginya tingkat zat besi dalam buah ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan anemia. Buah ini sangat baik dalam mengobati asam urat dan kekurangan vitamin B6.

    8. Untuk penglihatan mata
    Srikaya mengandung riboflavin dan vitamin C yang membantu melawan kerusakan radikal bebas yang baik untuk kesehatan mata.

    9. Mengurangi risiko arthritis
    Karena kadar magnesium dalam buah ini, keseimbangan air dalam tubuh meningkat dan menghilangkan asam dari persendian yang menyebabkan gejala rematik dan radang sendi.

    10. Baik untuk kesehatan jantung
    Rasio yang seimbang natrium dan kalium dalam buah unik ini, dapat mengatur dan mengontrol fluktuasi tekanan darah dalam tubuh. Tingginya tingkat magnesium dalam srikaya membuka otot polos jantung dan mengurangi kram, sehingga mencegah serangan jantung dan stroke. Niacin dan serat dalam srikaya menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini juga mencegah penyerapan kolesterol di usus. Selain itu, buah ini juga mencegah radikal bebas dari menyerang lipid.

    11. Mencegah diabetes
    Serat yang dikandung buah Srikaya memperlambat proses penyerapan gula di dalam tubuh.

    12. Memperkuat proses pencernaan
    Buah ini sangat bermanfaat untuk melawan gangguan pencernaan. Buah ini membuang racun dari usus dan mencegah penyakit lambung seperti maag, gastritis dan asam lambung.

    No comments:

    Post a Comment