close
loading...
  • Breaking News

    loading...

    Si Kecil Batuk Pilek?? Inilah Cara Mudah Untuk Mengeluarkan Dahak Si Kecil Dengan Cepat!! Begini Caranya!!

    Bagaimana sih cara mengencerkan dahak pada anak kecil? Saat si buah hati alami batuk atau pilek, hal yang sangat mengganggu si kecil yaitu saat dahaknya sulit di keluarkan, pasti ini juga akan mengganggu sikecil untuk bernafas. Tidak seperti orang dewasa, diperlukan trick atau cara sendiri untuk mengeluarkan dahak pada bayi dengan efisien tanpa membahayakan si kecil.



    Dahak atau dalam arti medis dimaksud dengan sputum merupan lendir-lendir kental (ingus) yang ada dalam saluran pernapasan saat alami batuk, pilek, atau masalah pernapasan yang lain. Bila dahak sangat kental serta sulit di keluarkan, jadi juga akan punya potensi menghalangi pernapasan, jadi mengakibatkan nafas jadi sesak, batuk tidak kunjung berhenti, bahkan juga waktu bernafas disertai dengan suara yg tidak biasa (ngorok atau suara kodok). Hal itu pastinya mengganggu si kecil dalam meminum A.S.I maupun susu dari botol serta sudah pasti dia juga akan rewel terus menerus.

    Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menjumpai anak-anak yg tidak dapat mengeluarkan dahaknya, banyak diantaranya yang alami sesak karena dahak tersebut, nafas yang dengan normal bersuara halus jadi serak karna dahak. Seringkali dari mereka yang tidak hanya memercayakan therapy dengan obat minum, namun harus juga dilakukan therapy uap (nebulisasi) untuk melonggarkan pernapasannya.

    Cara Mengencerkan Dahak Bayi

    Banyak Minum, satu diantara alasan mengapa sulit keluarkan dahak yaitu karna dahak yang kental, dahak yang kental dapat jadi lebih encer lewat cara banyak minum. Anda dapat memberinya A.S.I maupun cairan yang lain, termasuk juga air putih, juice buah, sup, dan lain-lain sesuai sama usianya.
    Hangatkan badan bayi terlebih daerah dada dengan mengajaknya berjemur dibawah cahaya matahari pagi, yaitu pada jam 06. 30-07. 00 selama lebih kurang 10-15 menit. Pastikan tempat yang aman dari asap maupun debu serta upayakan supaya bayi tidak memandang cahaya matahari dengan langusng, mungkin Anda dapat memberikannya kain penutup mata.

    Oleskan balsem khusus untuk anak-anak atau minyak kayu putih pada dada serta tengkuk bayi dan di sekitar leher, rasa hangat yang diakibatkan juga akan menolong mengencerkan dahak serta uap hangat yang dihirup akan melegakan pernapasan. Ini akan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi yang menentramkan. Yakinkan untuk tidaklah terlalu banyak memakainya supaya tidak kepanasan. Lalu, apakah penyembuhan therapy uap dapat menyingkirkan dahak pada anak bayi?

    Cara membuat uap dengan minyak kayu putih. Siapkan baskom yang diisi air hangat lalu beri beberapa tetes minyak kayu putih, teh serta tempatkan di dekat bayi agar uapnya terhirup (uapkan wajahnya), ini serupa dengan therapy uap yang juga akan menolong mengencerkan dahak, buka saluran hidung yang tersumbat, melegakan pernapasan, dahakpun jadi mudah di keluarkan. Hati-hati menempatkan air panas, jangan sampai mudah dijangkau oleh bayi karna di kuatirkan bisa membuatnya terluka.

    Untuk bayi yang sudah berumur diatas 6 bln., anda dapat memberi makanan penambahan yang hangat serta berkuah. Misalnya dengan memberi kaldu yang hangat. Sesudah lakukan langkah diatas, segera uapkan bayi, tempatkan ia tengkurap di pangkuan Anda. Letakan satu kaki anda lebih tinggi hingga tempat bayi jadi miring dengan tempat kepala lebih rendah dari tubuhnya. Sesuai sama hukum gravitasi, dahak yang encer juga akan mudah mengalir dari paru-paru, bronkhus, trakea, serta akhirnya ke tenggorokan serta mulut. Bila perlu, Anda bisa menepuk-nepuk lembut punggung bayi kanan serta kiri (jangan di tengah), dahak yang encer pada bayi juga akan keluar baik lewat hidung maupun lewat tenggorokan lewat cara dibatukkan.

    Jika dahak masih tetap ada yang tertinggal di hidung atau tenggorokan, jadi Anda bisa menggunakan alat khusus (suction memiliki bahan karet) untuk mengeluarkan dahak itu lewat cara dised0t. Untuk dahak di hidung, bisa dikerjakan waktu bayi dalam tempat tengkurap, untuk dahak ditengggorkan lakukan pada tempat miring serta buka mulutnya.

    Cara penggunaan alat penyedot hidung lewat cara dipencet lantas dimasukkan di liang hidung bayi, bebaskan pencetan lalu tarik. Alat penyedot dahak atau lendir : Dipakai lewat cara dipencet lantas dimasukkan di liang hidung bayi, kemudian lepaskan pencetan, jadi dahak juga akan tersedot lalu tarik. Itulah beberapa langkah alami yang bisa anda lakukan untuk mambantu mengeluaran dahak pada bayi. Dengan demikian, semoga dahak tidak sampai mengganggu aktivitasnya serta buat bayi rewel.

    Semoga bermanfaat

    No comments:

    Post a Comment